Indonesia Memperingati Kartini Day

Jakarta, 21 April 2018 - Kartini Day adalah hari dimana tepat tanggal 21 april merupakan hari untuk memperingati pahlawan wanita indonesia Yaitu Ibu R.A Kartini. Selain itu hari ini juga merupakan salah satu hari sangat bersejarah bagi negara Indonesia. Beliau adalah salah satu pahlawan wanita sebagai seorang pelopor perjuangan perempuan pribumi.

Indonesia Memperingati Kartini Day

Kartini Day yang diperingati pada tanggal 21 april ini sebenarnya merupakan hari lahirnya ibu pahlawan kita R.A Kartini. Beliau dilahirkan di Jepara, Jawa Tengah Pada tahun 1879. Ia dilahirkan dari keturunan bangsa Priyayi (Bangsawan Jawa), Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, ayah dari R.A Kartini adalah seorang Patih yang diangkat menjadi seorang bupati Jepara saat setelah Kartini lahir.

Sejarah bermulai dari beliau berusia 12 tahun, sebelum pada akhirnya ia diharuskan berdiam dirumah karena sudah dipingit, sebelum memasuki umur 12 tahun beliau sekolah di ELS (Europese Lagere School) Sekolah yang hanya diperbolehkan untuk keturunan bangsawan saja. Dari situ ia pintar dalam berbahasa belanda. Ketika ia dipingit dan hanya diperbolehkan dirumah saja, ia mulai mengirimkan surat untuk teman-teman korespondensi yang berasal dari belanda.

Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas.

Pada tanggal 12 November 1903 Kartini menikah dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat. Setelah ia menikah R.A Kartini mendapat izin dari sang suami untuk mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, Yang saat ini digunakan menjadi Gedung Pramuka.

Berkat kegigihannya R.A Kartini pada tahun 1912 akhirnya berhasil mendirikan beberapa sekolah wanita di Surabaya, Malang, Madiun, Yogyakarta dan Cirebon. Nama untuk sekolah wanita yang berhasil ia dirikan itu diberi nama Sekolah Kartini.

Selain itu beliau juga berhasil menerbitkan beberapa buku yang hampir sebagian isinya adalah tentang bangsanya. berikut ini beberapa judul buku Milik R.A Kartini.

  • Habis Gelap Terbitlah Terang
  • Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya
  • Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904
  • Panggil Aku Kartini Saja
  • Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya
  • Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903

Sebenarnya masih banyak lagi sejarah tentang Kartini Day (hari kartini) yang belum terungkapkan, Nah maka dari itu kita sebagai warga negara indonesia yang baik, tidak ada salahnya untuk memperingati Hari Kartini (Kartini Day) yang jatuh tepat pada hari ini 21 April 2018.
Loading...